Pengadilan Agama Makassar

.

Berita Flash
PENGADILAN AGAMA MAKASSAR
Jl. Perintis Kemerdekaan KM.14, Daya, Makassar
TELP. 0411 479 4556/ Fax.0411 4794557,
E-Mail: pamakassar@yahoo.co.id

Ekonomi Islam : Ekonomi Berbasis Moral!

Oleh: Muhammad Muhibbuddin, S.Ag.,SH., M.S.I

A.  Pendahuluan

Globalisasi ekonomi sebagai anak sah ekonomi kapitalis diyakini tidak mampu memberikan kemakmuran bagi semua orang. Kenyataan ini lahir karena visi dasar dari ekonomi kapitalis bukanlah kesejahteraan bersama melainkan penguasaan ekonomi oleh para pemilik modal sehingga yang terjadi adalah yang kaya tambah kaya dan yang miskin tambah miskin.

Fenomena kemiskinan yang terjadi di mana-mana tidak dapat dilepaskan dari dampak ekonomi global yang bertumpu pada kelas pemodal yang memarginalkan kelas pekerja (buruh). Telah terjadi demonstrasi dan penentangan terhadap ikon-ikon ekonomi kapitalis tidak hannya di negara-negara berkembang tetapi juga di negara-negara asal munculnya ekonomi kapitalis. Ekonomi kapitalis dengan segala atribut dan turunan sistemnya dipandang tidak mampu memberikan harapan bagi kemakmuran semua orang.

Berangkat dari kegagalan ekonomi kapitalis dalam memberikan kemakmuran bagi semua orang adalah relevan untuk kemudian mengkaji sistem ekonomi Islam, dan untuk mengelaborasi sistem ekonomi Islam, dalam tulisan  ini akan dipaparkan sistem dan prinsip dasar ekonomi Islam sebagai sistem ekonomi yang berbasis moral dan sebagai kontribusi untuk kajian ekonomi Islam yang sedang berkembang di Indonesia  saat ini.

Sumber : Badilag.net (14/11)

selanjutnya KLIK DISINI

 
Keluarga Besar Pengadilan Agama Makassar